Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Manfaat Alpukat Mentega untuk Kesehatan (Ibu Hamil Wajib Baca)

manfaat-alpukat-mentega-doktersehat

MediNetiz – Mungkin beberapa dari Anda kurang begitu familiar dengan jenis alpukat mentega. Faktanya, alpukat mentega punya khasiat yang tak kalah besar ketimbang alpukat biasa. Apa itu alpukat mentega? Apa saja manfaat alpukat mentega untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil?

Apa Itu Alpukat Mentega?

Alpukat mentega adalah jenis alpukat yang berasal dari negara Meksiko.

Embel-embel ‘mentega’ pada alpukat mentega diberikan karena tekstur daging buah dengan nama latin Persea Americana ini serupa dengan mentega, yakni lembut dan halus. Alpukat mentega kerap disajikan dalam bentuk jus, selai, maupun campuran es buah.

Buah alpukat mentega diperkaya oleh sejumlah zat bergizi. Bahkan, diperkirakan ada sekitar 20 kandungan nutrisi di dalam satu buah alpukat mentega yang terdiri dari vitamin, mineral, dan zat bergizi lainnya. Ini menjadikan alpukat mentega dipercaya ampuh untuk mengatasi pelbagai masalah kesehatan, mulai dari diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung sekalipun.

Manfaat Alpukat Mentega untuk Kesehatan

Di samping rasanya yang lezat, alpukat mentega memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi alpukat mentega dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit serius.

Berikut ini manfaat alpukat mentega yang tak disangka-sangka:

1. Detoks Alami

Salah satu kandungan buah alpukat mentega adalah serat. Adanya serat ini lantas menghasilkan manfaat alpukat mentega untuk memperlancar sistem pencernaan, terutama mengoptimalkan gerakan peristaltik usus.

Pergerakan usus yang baik secara tidak langsung memudahkan organ pencernaan yang satu ini untuk membuang racun-racun di dalam tubuh. Selain itu, serat pada alpukat mentega efektif mencegah radang dan inflamasi.

2. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida Darah

Kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida darah yang tinggi menjadi pemicu utama terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Alpukat mentega adalah salah satu solusi terbaik untuk menurunkan kadar lemak LDL dan trigliserida darah secara efektif. Manfaat alpukat mentega yang satu ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Mengonsumsi alpukat mentega secara rutin diklaim efektif menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 22 persen, trigliserida darah sebanyak 20 persen, dan sebaliknya meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 11 persen.

3. Mencegah Pengeroposan Tulang (Osteoporosis)

Kandungan buah alpukat mentega juga diperkaya dengan vitamin K.

Jenis vitamin ini tentunya akan membantu mencegah pengeroposan tulang atau yang kita kenal dengan osteoporosis. Kendati vitamin D dan kalsium memiliki peran yang lebih besar terkait kesehatan tulang, namun dengan asupan vitamin K yang cukup tulang akan semakin kuat lagi. Jadi, jangan lupakan khasiat vitamin K pada alpukat mentega ini, ya.

4. Meredakan Nyeri Lambung

Lambung yang terluka sudah barang tentu menyebabkan rasa nyeri yang kadang tak tertahankan. Guna mengatasi kondisi ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi alpukat mentega.

Khasiat alpukat mentega untuk meredakan nyeri lambung ini didapat dari tekstur buah tersebut yang halus dan lembut  sehingga dapat melindungi dinding lambung dari asam lambung yang bisa memperparah rasa nyeri.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Diperkaya dengan vitamin, mineral, dan antioksidan menjadikan buah alpukat mentega patut untuk Anda konsumsi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari radikal bebas. Selain itu, kandungan zinc di dalam buah dengan daging berwarna hjau kekuningan ini juga disebut-sebut mampu mengoptimalkan fungsi dari sistem imun tubuh.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Khasiat alpukat mentega juga mencakup pencegahan penyakit kanker.

Ini karena buah alpukat mentega diperkaya dengan vitamin E dan gluthatione yang bersifat sebagai senyawa antioksidan dan berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas.

Sebagaimana kita ketahui, radikal bebas yang merusak jaringan sel tubuh menjadi titik awal dari berkembangnya sel kanker, sehingga perlu dicegah sebisa mungkin dengan mengonsumsi alpukat mentega ini salah satunya.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Selain kanker, penyakit mematikan lainnya yang bisa diminimalisir risikonya adalah penyakit jantung.

Kandungan asam folat dan mineral magnesium dalam buah mentega menjadi alasan mengapa buah ini layak untuk Anda konsumsi jika ingin terhindar dari penyakit jantung. Dua zat tersebut disinyalir berperan penting dalam merawat kesehatan pembuluh darah di area jantung sehingga aliran darah ke organ tersebut berjalan lancar.

8. Merawat Fungsi Mata

Sebuah penelitian mengungkapkan perihal kaitan antara alpukat mentega dengan kesehatan mata. Manfaat alpukat mentega ini didapat dari senyawa lutein yang dikandungnya. Lutein disebut efektif untuk melindungi mata dari potensi masalah kesehatan mata seperti katarak dan age macular degeneration.

9. Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang ingin mengalami kondisi penuaan dini? Terutama untuk Anda para kaum hawa, ada solusi untuk mencegah penuaan dini pada kulit, yakni dengan mengonsumsi buah alpukat mentega.

Manfaat alpukat mentega untuk mencegah penuaan dini dikarenakan adanya kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, pun mengatasi kemunculan flek hitam dan keriput yang menjadi sinyal dari terjadinya penuaan pada kulit.

Selain mengonsumsi alpukat, baik dalam bentuk jus atau buahnya langsung, Anda bisa membuat masker wajah dari alpukat mentega ini untuk merasakan khasiatnya.

10. Menurunkan Berat Badan

Khusus untuk Anda yang sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan, alpukat mentega perlu menjadi pertimbangan. Khasiat alpukat mentega untuk menurunkan berat badan dikarenakan buah ini kaya akan serat dan asam oleat yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Lalu, kalau Anda berpikir alpukat mentega tidak baik untuk dijadikan menu diet karena mengandung lemak, maka asumsi tersebut tidak benar karena lemak yang dikandung alpukat mentega adalah lemak tak jenuh yang sama sekali tidak berbahaya.

11. Mengatasi Bau Mulut

Apakah Anda mengalami masalah bau mulut?

Ini tentu saja sangat mengganggu, tak hanya Anda tapi juga orang lain. Buah alpukat mentega adalah salah satu solusi mengatasi bau mulut. Kandungan antibakteri pada alpukat mentega dinilai efektif membasmi bakteri penyebab bau mulut.

Guna memaksimalkan manfaat alpukat mentega yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi jus alpukat mentega dengan ditambah daun mint.

12. Menyuburkan Rambut

Anda yang ingin rambutnya senantiasa tumbuh subur, bisa memanfaatkan alpukat mentega juga, lho. Manfaat alpukat mentega untuk menyuburkan rambut tak lepas dari kandungan nutrisi vitamin di dalamnya.

Haluskan daging buah alpukat mentega sampai menjadi pasta, kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin sampai hasilnya terasa.

13. Mengatasi Stres

Kandungan asam folat yang tinggi pada buah alpukat mentega disebut-sebut mampu mengurangi rasa stres yang salah satunya diakibatkan oleh penumpukan homosistein, yakni zat yang menghambat laju penyaluran nutrisi menuju otak, pun mengganggu produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin.

Manfaat Alpukat Mentega untuk Ibu Hamil

Nah, khusus Anda para ibu hamil, alpukat mentega juga punya sejumlah manfaat terkait kesehatan diri Anda maupun janin yang tengah dikandung. Berikut ini manfaat alpukat mentega untuk ibu hamil yang ternyata bagus untuk janin:

1. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Kandungan asam folat pada buah alpukat mentega menghasilkan manfaat alpukat mentega untuk ibu hamil yakni mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti eklampsia, perdarahan, dan komplikasi lainnya.

2. Membantu Perkembangan Saraf Janin

Selain mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, asam folat pada alpukat mentega juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan atau perkembangan saraf janin sehingga risiko bayi terlahir cacat dapat diminimalisir.

3. Mengatasi Kram

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah kram yang terjadi pada area kaki. Guna meredakan kram, Anda bisa mengonsumsi alpukat mentega. Manfaat alpukat mentega untuk ibu hamil yang satu ini dihasilkan dari kandungan posium di dalamnya yang efektif mengatasi gejala kram yang cukup mengganggu.

4. Mengatasi Anemia

Ibu hamil sangat mungkin mengalami kondisi kurang darah (anemia) apabila asupan zat besi ke dalam tubuhnya kurang. Oleh sebab itu, perbanyak asupan zat besi selama kehamilan, salah satunya dengan mengonsumsi alpukat mentega yang memang kaya akan kandungan zat besi.

Itu dia informasi mengenai manfaat alpukat mentega yang perlu Anda ketahui. Masih ragu untuk mengonsumsi buah ajaib yang satu ini? Semoga bermanfaat!




Posting Komentar untuk "17 Manfaat Alpukat Mentega untuk Kesehatan (Ibu Hamil Wajib Baca)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1